skip to Main Content

Rute Transportasi Ke Kampung Inggris Menggunakan Bus, Kereta dan Pesawat

Kecamatan Pare merupakan kecamatan kecil di Kabupaten Kediri. Namun, daerah ini selalu ramai oleh ribuan orang dari berbagai daerah yang berbondong-bondong kursus di Kampung Inggris.

Ya, ada ribuan siswa yang tiap bulan datang ke Kampung Inggris Pare dari berbagai daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, untuk mengenyam pendidikan bahasa Inggris secara intensif di sini.

Lokasi kampung Inggris pare sendiri terletak terletak di sepanjang Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare. Mungkin kamu juga berencana ke sini suatu hari nanti? Jangan lupa untuk mengetaui dulu transportasi ke kampung inggris biar ga nyasar.

Nah dalam artikel ini Peace akan menginformasikan berbagai rute transportasi ke kampung inggris menggunakan moda transportasi bus, kereta maupun pesawat termasuk biaya atau ongkos transportasinya.

Transportasi ke Kampung Inggris Menggunakan Bus

Untuk kalian yang berencana ke Kampung Inggris dengan menggunakan transportasi darat (Bus) kami akan memberikan sedikit informasi mengenai rute bus dari semua daerah menuju ke Kampung Inggris Pare, Kediri.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa akses menuju ke wilayah Pare sendiri bukanlah sebuah rute yang biasa dilalui oleh berbagai macam bus, atau Bus Jarak Jauh (antar kota antar provinsi). Untuk mengatasi hal tersebut, jika ingin kesana kamu harus melalui beberapa terminal seperti Terminal Kediri, Terminal Jombang, dan Terminal Surabaya. Dan kali ini PEACE Kampung Inggris akan berbagi informasi seputar bus apa saja yang dapat kamu gunakan untuk menuju ketiga Terminal tersebut dari berbagai kota, khususnya Pulau Jawa. Okay, lets get started it !!

Menuju/Melewati Terminal Kediri

Asal KotaPo. BusKelasTarif
JabodetabekRosalia Indah, Pahala Kencana, Harapan Jaya, LorenaEksekutifRp.200.000-Rp.300.000
BandungPahala Kencana, Kramat JatiEksekutifRp.200.000
Pekalongan, Semarang, BoyolaliRosalia IndahPatas ACRp.150.000
Purwokerto, Kebumen, Solo, YogyakartaRosalia IndahPatas ACRp.150.000
Lampung, MerakRosalia IndahPatas ACRp.400.000
SumatraALS, SAN, Family Raya CeriaPatas ACRp.350.000 – Rp.500.000
BaliGunung Harta, Restu Mulya, SetiawanEksekutifRp.200.000

 

Setelah sampai Terminal Kediri kamu bisa menggunakan dua pilihan untuk menuju ke Pare, yaitu menggunakan angkutan umum (angkot) yang menuju Pare, atau bisa juga menggunakan Bus tujuan Jombang, Malang, Surabaya via Pare (melewati Pare).

Menuju/Melewati Terminal Jombang

Asal KotaPo. BusKelasTarif
PonorogoJaya, Aneka JayaEkonomiRp.35.000
Magelang, Yogyakarta, Solo, Madiun, NganjukEka, Mira, Sumber KenconoEkonomi, Patas ACRp.50.000 – Rp.120.000

Setelah kamu sampai di Terminal Jombang, kamu bisa berganti bus menuju ke Pare dengan menggunakan PO. Bus seperti Harapan Jaya, Surya Indah, atau Rukun Jaya. Setelah itu bilang saja untuk turun di Kampung Inggris, nanti kamu akan diturunkan di perempatan Tulungredjo. Sesampainya di Tulungredjo, kamu bisa menggunakan ojek online untuk menuju ke Lembaga tujuanmu.

Menuju/Melewati Terminal Surabaya

Asal KotaPO. BusKelasTarif
Semarang, Kudus, Lasem, RembangIndonesia, Sinar MandiriEkonomi, PatasRp.150.000 – Rp.210.000
PasuruanAdaEkonomiRp.20.000
Banyuwangi, Jember, ProbolinggoAkas Asri, Mila SejahteraEkonomiRp.50.000 – Rp.100.000

 

Bus Rukunjaya 300x225 - Rute Transportasi Ke Kampung Inggris Menggunakan Bus, Kereta dan Pesawat

Sesampainya di Terminal Surabaya, kamu bisa naik Bus Patas Rukun Jaya yang akan mengantarmu keperempatan Tulungredjo, Bus nya berukuran ¾ berwarna biru dan ongkosnya sekitar Rp.30.000.

Dari perempatan Tulungredjo tersebut kamu bisa ke lokasi kampung Inggris pare menggunakan becak. Biasanya untuk ongkos dari Tulungrejo ke lembaga tujuanmu sekitar Rp.10.000-Rp.20.000. Bila ingin cara simple dan kamu pengguna aktif smartphone, kamu bisa menggunakan ojek online untuk mengantar kamu dari Tulungrejo ke lembaga tujuanmu. Biasanya tarif yang dikenakan oleh ojek online sangat murah, yaitu sekitar Rp.3000-Rp.5.000 saja.

NB : Pastikan kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum ke Kampung Inggris, salah satunya adalah sudah memiliki tujuan Lembaga Kursus yang akan kamu tuju. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan kamu supaya tidak kebingungan lagi setelah sampai di Kampung Inggris. Dan juga perlu di ingat jika kamu telah tiba diantara ketiga Terminal diatas dan merasa kesulitan mencari Transportasi selanjutnya karena harus oper kendaraan 2-3 kali, maka kamu bisa menggunakan Jasa Penjemputan dari Terminal kedatanganmu (Travel) yang tentunya akan mengantarmu tepat di depan tempat tujuan yang sudah kamu pilih sebelumnya. Selain tidak perlu oper kendaraan lagi, kamu juga tidak akan bingung jika membawa banyak barang bawaan. Terlebih lagi jika kamu kesini bersama teman-teman atau saudara kamu, jadi tidak perlu takut kesasar atau kebingungan karena sendirian.

 

Transportasi ke Kampung Inggris Menggunakan Kereta Api

Bagi kamu yang berasal dari Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, (Pulau Jawa) menggunakan Kereta Api sebagai salah satu transportasi merupakan suatu pilihan yang pas buat kamu selain menggunakan bus dan pesawat untuk menuju ke Kampung Inggris Pare.

Terdapat 2 pilihan stasiun yang bisa menjadi opsi pemberhentian kamu untuk ke kampung inggris dari stasiun awal kamu berangkat, yaitu stasiun Kediri dan Jombang.“Lohh trus kenapa ngga di stasiun Pare aja sih ?” Yappp hal tersebut dikarenakan letak Kampung Inggris Pare yang berada di salah satu kecamatan di Kabupaten Kediri ini tidak dilalui jalur kereta api. Maka sebagai alternatif adalah kamu bisa turun diantara 2 stasiun tersebut, berikut penjelasan selengkapnya.

Ke kampung Inggris dari Stasiun JOMBANG

Stasiun jombang merupakan tempat yang paling direkomendasikan untuk pemberhentian apabila mau ke Kampung Inggris, karena sangat mudah untuk mencari angkutan umum untuk menuju ke Kampung Inggris Pare. Setibanya di stasiun Jombang kamu bisa berjalan sejauh ±50 meter ke arah trafic light untuk menunggu bus mini jurusan Jombang-Malang atau jurusan Surabaya-Blitar yang mengarah ke Pare, dan mintalah untuk turun di Kampung Inggris biasanya tarif yang dikenakan adalah Rp.10.000-Rp.15.000 dari stasiun Jombang menuju ke Pare.

Sesampainya di Pare, kamu akan diturunkan di perempatan Tulungrejo yang selanjutnya kamu lakukan adalah mencari becak untuk meneruskan perjalananmu ke lokasi kampung inggris yang kamu pilih. Lakukan penawaran harga pada tukang becak sampai terjadi kesepakatan, jika tidak adanya penawaran maka kamu akan dikenakan ongkos yang sangat mahal. Biasanya untuk ongkos dari Tulungrejo ke lembaga tujuanmu sekitar Rp.10.000-Rp.20.000. Bila ingin cara simple dan kamu pengguna aktif smartphone, kamu bisa menggunakan ojek online untuk mengantar kamu dari Tulungrejo ke lembaga tujuanmu. Biasanya tarif yang dikenakan oleh ojek online sangat murah, yaitu sekitar Rp.3000-Rp.5.000 saja.

Ke Kampung Inggris dari Stasiun KEDIRI

Stasiun Kediri 300x225 - Rute Transportasi Ke Kampung Inggris Menggunakan Bus, Kereta dan Pesawat

pararawendy.wordpress.com

Jika kamu turun di Stasiun Kediri, tak ada angkutan yang langsung menuju ke Kampung Inggris. Maka kamu harus naik becak atau ojek terlebih dahulu unuk menuju ke Kantor Pos Kediri guna melanjutkan perjalanan ke kampung Inggris. Disini diingatkan kembali untuk selalu melakukan penawaran harga kepada tukang becak maupun ojek. Untuk biaya maksimal becak/ojek untuk ke Kantor Pos Kediri adalah Rp.10.000-Rp.15.000 dengan waktu perjalanan sekitar 10 menit.

Setibanya di Kantor Pos Kediri kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke Kampung Inggris menggunakan angkutan umum  berupa angkot berkode P(jurusan Pare). Dan mintalah untuk diturunkan di Kampung Inggris Pare, biasanya kamu akan diturunkan di Pertigaan Jalan Brawijaya dengan ongkos ±Rp.10.000. Apabila kamu kesini secara beramai-ramia bersama teman-teman atau saudara, kamu bisa menggunakan penjemputan berupa Travel atau transportasi online(grab car, go car, dll) tentunya dengan kesepakatan sebelumnya, yang akan lebih memudahkan bagi kamu untuk segera sampai ke tujuan kamu.

 

Transportasi ke Kampung Inggris Menggunakan Jalur Udara

Bandara Juanda 300x217 - Rute Transportasi Ke Kampung Inggris Menggunakan Bus, Kereta dan Pesawat

beritatrans.com

Jika kamu berasal dari Pulau Jawa dan akan menuju ke Kampung Inggris Pare untuk belajar Bahasa Inggris, maka jalur udara atau menggunakan pesawat adalah solusi tercepat agar segera tiba di Kampung Inggris Pare. Bandara terdekat dari kampung inggris adalah Bandara Juanda yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Memakan waktu  ± 3 sampai 4 jam  yang dibutuhkan ke Kampung Inggris setelah tiba di Bandara Juanda.

Menuju kampung Inggris dari Bandara Juanda

  • Setibanya di Bandara Juanda, kamu bisa menggunakan transportasi selanjutnya untuk menuju ke Terminal Bungurasih Surabaya guna melanjutkan perjalananmu ke Kampung Inggris. Ada beberapa opsi angkutan yang bisa kamu pilih untuk menuju ke Terminal Bungurasih, diantaranya : ojek, taksi, maupun DAMRI. Angkutan yang terakhir (DAMRI) inilah yang menawarkan tarif termurah, Rp.20.000-Rp.25.000 dengan durasi perjalanan ±15-20 menit tergantung kondisi jalan macet atau tidaknya.
  • Sesampainya di Terminal Bungurasih segeralah mencari Bus jurusan Pare yaitu “Rukun Jaya”, bus nya berwarna biru dan berukuran ¾. Perlu diingat selama di Terminal Bungurasih untuk menjaga barang bawaan yang kamu bawa, karena disamping untuk keamanan juga agar tidak menjadi sasaran para onum PORTER yang sedikit lebih memaksa untuk membawakan barang-barangmu. Sebisa mungkin bawa secukupnya saja barang yang akan kamu bawa ke Kampung Inggris agar tidak menganggu perjalananmu.
  • Sesudah masuk di dalam bus, kamu akan ditanya oleh kernet bus mengenai tujuanmu selanjutnya, bilang saja turun “Pare Kampung Inggris” pasti mereka sudah paham, dan biasanya dikenakan tarif Rp.30.000 untuk tujuanmu tersebut.

Pemberhentian terakhirmu bukanlah di Kampung Inggris melainkan di perempatan jalan besar, atau biasa orang bilang perempatan Tulungredjo. Kamu bisa memilih salah satu becak yang ada disana / bisa saja kamu menggunakan ojek online untuk mengantarmu ke Lembaga kursus tujuanmu. Pastikan kamu sudah memiliki tujuan Lembaga Kursus pilihan kamu sebelum berangkat ke Kampung Inggris Pare, jika tidak kamu akan kebingungan sampai di Kampung Inggris karena lembaga di Kampung Inggris tak hanya satu saja, tetapi banyak sekali.

Selain menggunakan bus untuk menuju ke Kampung Inggris Pare dari Surabaya, ada alternatif lain jika kamu ingin ke Kampung Inggris yaitu menggunakan penjemputan Travel. Biasanya penjemputan Travel ini dilakukan setelah kamu tiba di Bandara Juanda, dan tarif yang dikenakan oleh Travel ini berkisar antara Rp.100.000 – Rp.130.000 untuk sampai ke tujuan kamu di Kampung Inggris. Info pastinya tentang penjemputan dari Bandara Juanda Surabaya ke Kampung Inggris Pare beserta tarif bisa kamu searching di google.


Okay, itu tadi infomasi rute ke kampung inggris pare yang bisa kamu jadikan panduan. Kami tunggu kedatanganya ke Kampung Inggris Pare ya!

Peace Kampung Inggris

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Halo! Klik salah satu Customer Service kami untuk tanya jawab maupun konsultasi seputar Peace Kampung Inggris!

Chat dengan kami melalui WhatsApp
Back To Top