skip to Main Content

7 Tips Agar Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Bahasa Inggris, merupakan bahasa yang paling sering digunakan dalam keseharian. Bahkan tak harus menuju negara asal bahasa ini lahir kamu sudah dapat menjumpai bahasa Inggris di masyarakat umum, artikel, sponsor, berita, musik dll. Sehingga tak heran lagi jika bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa Internasional. Hal ini yang akhirnya menjadikan bahasa kedua  yang dipakai oleh masyarakat bahkan di Indonesia sendiri bahasa Inggris juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari mulai dari dunia pendidikan, kantor, perdagangan dan lainya.

Modern ini masih banyak yang menganggap bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mudah difahami sehingga banyak dipakai di berbagai negara. Nah, untuk menghapuskan image sulit pada bahasa Inggris, maka kami akan memberikan kiat-kiat mudah berbahasa Inggris yang baik dan benar.

berbicara dalam bahasa inggris

  1. Tekat

Jika kamu ingin lancar berbahasa Inggris kamu perlu memiliki tekat untuk bisa. kamu harus percaya diri bahwa kamu nantinya akan bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Kamu harus menanamkan kecintaan pada bahasa Inggris dan memotivasi diri sendiri bahwa bahasa Inggris mudah di fahami.

  1. Review Materi

Cobalah untuk mengingat materi yang sudah kamu pelajari. Kamu juga bisa mencari materi-materi baik secara offline atau online. Terlebih sekarang sudah banyak buku yang memiliki bahan pendukung seperti CD yang berisi percakapan bahasa Inggris. hal ini bertujuan agar kamu juga memiliki dasar bahasa inggris sehingga saat menghadapi beberapa istilah yang di pakai dalam bahasa Inggris kamu sudah lebih mengerti.

  1. Fokus pada Vocab

Mempelajari grammar memang perlu. Tapi jangan  terlalu terpaku terhadap grammar, terlebih kamu yang masih pemula. Fokus pada banyaknya vocab yang sudah kamu miliki untuk dikembangkan. Semakin banyak vocab yang kamu miliki maka semakin panjang kalimat yang bisa kamu ucapkan. Hal yang sering dilakukan oleh pemula adalah terlalu terpaku pada grammar sehingga akan menyulitkan untuk bisa bebas menggunakan vocab yang kita miliki. Buatlah sebanyak-banyaknya kalimat dari vocab yang sudah kamu miliki.

  1. Menulis

Menulis juga bisa kamu lakukan sehingga kamu bisa melihat sebanyak apa kalimat yang bisa kamu tulis dan bisa mengetahui kesalahan penulisan ejaan (spelling) dalam bahasa Inggris. saat menyelesaikan tulisanmu, kamu juga melakukan konsultasi pada yang sudah ahli dalam bahasa Inggris untuk memperbaiki jika terdapat kesalahan pada susunan kata.

  1. Dengar dan Tirukan

Tidak hanya membaca, kamu juga perlu untuk mendengarkan berbagai hal yang menggunakan bahasa Inggris. kamu bisa mulai menonton film yang memiliki bahasa Inggris yang mudah difahami seperti film friends yang diadaptasi dari kehidupan sehari-hari orang amerika. Kamu bisa mulai mendengarkan musik yang berbahasa Inggris, mulailah mendengarkan musik dari genre musik yang berirama pelan agar kamu bisa mendengarkan pengucapannya hal ini juga berguna untuk  melatih pronunciation kamu. Kamu juga bisa mendengarkan audio visual seperti di penunjang buku materi yang kamu punya. Kamu juga bisa mendapatkan contoh percakapan ringan dalam bahasa Inggris di youtube, kemudian kamu bisa mulai menirukan percakapannya sehingga kamu bisa melatih kelancaran dalam mengucapkan kalimat-kalimat yang lebih panjang. Jangan lupa untuk mencari arti kata yang tidak kamu fahami sehingga kamu akan memiliki tabugan vocab.

  1. Praktek

Tidak hanya belajar sendiri dengan memperbanyak vocab atau materi lainya. Kamu perlu konsisten melatih kemampuan setidaknya 30 menit dalam sehari. Karena hal ini lebih efektif dibandingkan kamu melatih bahasa Inggrismu selama 2 jam dalam seminggu. Kamu bisa melakukan praktek seperti chat pada temanmu. Kamu juga bisa mulai membaca sebuah artikel, koran, atau berita lainnya yang kemudia kamu komentari menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu kamu bisa memperbanyak wawasan dengan pengembangan kalimat pada topik-topik berita terkini dan tidak terpaku pada percakapan sehari-hari.

Tidak perlu semua kegiatan seperti menulis atau mengomentari berita dan koran setiap harinya. Kamu bisa membuat jadwal seperti pada hari pertama kamu fokus untuk menulis, hari kedua fokus untuk mengomentari topik-topik tertentu, hari ketiga kamu bisa menonton film dan menirukan percakapannya. Setiap harinya kamu juga bisa mejadwalkan untuk menambah beberapa kata untuk menambah vocabmu.

  1. Tutor

Latihan speaking - 7 Tips Agar Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Tutor yang dimaksud disini bisa guru atau temanmu yang memiliki kemapuan bahasa Inggris yang sudah bagus untuk menjadi tutormu. Dengan memiliki tutor, jika kamu melakukan kesalahan dalam belajar bahasa Inggris, tutor tersebut bisa mengingatkanmu dan membantu untuk memperbaiki kesalahanmu. Tidak hanya itu, kamu juga berkonsultasi dengan tutormu jika ada materi yang belum kamu fahami.

Saat kamu mulai belajar kamu harus tetap semangat dan konsisten dalam pembelajaran agar kamu benar-benar bisa menguasai bahasa Inggris. Jika mulai bosan kamu bisa mengalihkan dengan mendengarkan musik dan melatih bahasa Inggris di tempat terbuka untuk menyegarkan fikiranmu.

Demikian itu tips yang bisa kami berikan.

Semoga bermanfaat

Peace Kampung Inggris

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Tinggalkan Balasan

Halo! Klik salah satu Customer Service kami untuk tanya jawab maupun konsultasi seputar Peace Kampung Inggris!

Chat dengan kami melalui WhatsApp
Back To Top