Tips Menjawab Soal Reading TOEFL

Tahap akhir dalam tes TOEFL adalah sesi Reading Comprehension. Setelah sebelumnya kami telah membahas mengenai tips menjawab soal TOEFL sesi Listening dan juga tips menjawab soal TOEFL sesi Structure and Written Expression, kali ini kita akan membahas sesi terakhir dalam tes TOEFL yaitu Reading Comprehension.

TOEFL Kampung InggrisSoal Reading TOEFL ini ditujukan untuk menguji kemampuan kamu dalam memahami serta menganalisis teks bacaan mengenai berbagai macam topik. Di bagian ini peserta tes akan mendapatkan 50 pertanyaan dari 5 bacaan (passage) dalam kurung waktu 55 menit. Pertanyaan yang terdapat dalam setiap bacaan biasanya menanyakan mengenai informasi yang terdapat dalam teks, baik informasi yang tersirat maupun tersurat.

Seharusnya tes ini merupakan sesi yang dapat dibilang cukup mudah, karena semua jawaban dari masing-masing pertanyaan akan ditemukan di dalam bacaan. Yang terpenting adalah kamu harus mengetahui secara teliti mana jawaban yang tepat. Jika kamu termasuk orang dengan tipe yang hobby dalam membaca, maka akan lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan skor yang lebih baik. Selain bisa dibilang cukup mudah, pada sesi ini bisa juga dijadikan “sumber nilai “ untuk menutupi kekuranganmu saat mengerjakan Listening atau Structure.

Teknik Membaca

Diperlukannya teknik membaca yang baik dalam sesi ini, jika kamu ingin mengerjakan dengan baik serta mendapat hasil yang maksimal. Terdapat dua teknik membaca yang bisa kamu gunakan, yaitu: teknik Skimming, dan Scanning.

  • Skimming adalah membaca cepat sebuah teks guna mendapatkan gagasan pokok, ide pokok, atau isi bacaan secara tepat. Tidak perlu mencari informasi yang spesifik, carilah ide pokoknya saja sehingga tidak perlu membaca seluruh bagian bacaan.
  • Scanning adalah membaca cepat sebuah teks untuk mencari informasi tertentu tanpa membaca yang lainnya atau secara keseluruhan.

Jenis Pertanyaan dan Tips Mengerjakan Soal Reading TOEFL

Terdapat beberapa jenis pertanyaan yang terdapat dalam sesi Reading Comprehension, berikut akan kami paparkan beserta penjelasannya.

1. Main Idea

Yang pertama adalah pertanyaan tentang suatu gagasan utama (Main Idea). Yang dimaksud Main Idea disini adalah pokok pikiran sebuah paragraf yang memuat suatu keterangan, penjelasan, uraian atau pendapat dari si penulis tentang pokok bahasan. Gagasan utama merupakan penjelasan untuk judul dari topik yang menjelaskan dari sudut pandang si penulis, maka akan lebih panjang dan berupa kalimat yang lengkap. Berikut adalah contoh pertanyaan gagasan utama :

  1. what is the text talking about ?
  2. what is the main idea of this passage ?
  3. what is the author main idea of paragraph 3 ?
  4. what is the subject of this passage ?

Tips atau strategi yang bisa kamu gunakan :

  • carilah topik dari paragraf tersebut
  • perhatikan setiap kata-kata yang mengembangkan topik
  • perhatikan juga setiap kesimpulan pada setiap paragraf
  • biasanya main idea terdapat pada dua kalimat utama
  • biasanya kamu akan menemukan jawabannya di kalimat pelengkap

2. Topic

Selanjutnya adalah pertanyaan mengenai topik atau tema suatu bacaan. Topik disini merupakan subjek utama suatu bacaan, tentang apa saja bacaan itu. Topik atau tema bisa berupa inti dari isi tulisan atau judul tulisan. Tak jarang topik merupakan salah satu hal yang hampir bisa dipastikan keluar dalam setiap tes TOEFL. Berikut contoh pertanyaan tentang topik :

  1. what is the main topic of this passage ?
  2. the text is mainly talking about ?
  3. the passage is about ?

Tips atau strategi yang bisa kamu gunakan :

  • fokuslah pada bacaan di kalimat utama dan terakhir pada paragraf
  • temukan kata kunci pada setiap bacaan (biasanya berupa sinonim atau persamaan kata)
  • jika pertanyaan mengenai topik, maka biasanya jawaban berupa satu kata atau berbentuk frasa.

3. Detail Information

merupakan sebuah pertanyaan yang menanyakan suatu informasi spesifik yang terdapat didalam teks bacaan. Pertanyaan yang menanyakan fakta-fakta dalam bacaan (who,what, where,when, dan how ). Tipe pertanyaan ini menanyakan tentang sebagian kecil dari bacaan, bukan bacaan secara menyeluruh dan juga bertanya mengenai  infomasi tersurat yang diungkapkan dalam bacaan. Contoh pertanyaan detail information :

  1. According to the passage ….
  2. It is stated …..
  3. It is indicated that ….
  4. Which of the folllowing is NOT supported by ….
  5. The passage states that ….

Tips atau strategi yang bisa kamu gunakan :

  • Jawaban dari tipe pertanyaan ini umumya dapat langsung ditemukan dalam teks bacaan
  • Jawaban atas pertanyaan akan diberikan secara berurutan didalam teks bacaan
  • Dalam pertanyaan tipe ini, kamu akan dituntut untuk memilih jawaban yang merupakan parafrasa atau pengungkapan ulang intonasi yang sama tetapi dengan kata-kata yang berbeda

4. Vocabulary Question

Suatu pertanyaan yang menanyakan sinonim atau mencari padanan kata yang maknanya paling dekat dengan kata yang ditanyakan. Menjawab pertanyaan ini memang harus ditebak berdasarkan konteks kalimatnya. Jangan hanya menebak hanya dengan mengandalkan pengetahuan tanpa memperhatikan kalimat bacaan. Bacalah kalimat yang dimana sebuah kata ditanyakan secara utuh, lalu tebaklah berdasarkan konteks kalimat tersebut. Contoh pertanyaan Vocabulary Question :

  1. What is the meaning of ” ….” in line 3 paragrraph 1 ?
  2. The word “ …..” in line 4 can be replaced by ……

Oke guys, itu tadi Tips Menjawab soal Reading Comprehension dalam TOEFL. Buat kamu yang pengen belajar TOEFL secara intensif di Kampung Inggris Pare, kamu bisa mengikuti program TOEFL Kampung Inggris di Peace Pare. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *