Penggunaan Kata Quite

Kali ini Peace Kampung Inggris Pare akan membahas bagaimana menggunakan kata quite dengan benar. Dalam bahasa Inggris British, quite memiliki dua arti yang berbeda. Quite memang memiliki arti sepenuhnya/sama sekali (completely) atau seluruhnya (entirely), tetapi kata ini juga memiliki arti  cukup (fairly) atau agak (rather).

 

Quite = sepenuhnya / sama sekali (completely)

Ketika quite digunakan untuk menekankan kata sifat (adjective) yang tidak dapat di ukur, quite memiliki arti sepenuhnya/sama sekali. Kata sifat wana, misalnya hitam (black), atau kurang hitam (less black). Mereka hanyalah hitam (tidak dapat diukur). Jadi jika kita meletakkan kata hitam dalam kalimat dan melihat beberapa contoh kalimat lain yang menggunakan kata quite dengan kata sifat yang tidak dapat diukur, maka kita mungkin menemukan:

  • There’s no trace of red in her hair – it’s quite black. (Tidak ada bekas warna merah di rambutnya – itu sepenuhnya hitam)
  • I see no hope – the future looks quite black to me. (Saya melihat tidak ada harapan – Masa depan terlihat sama sekali hitam bagi saya)
  • It’s quite impossible to learn twenty new items of vocabulary each day. (Itu sepenuhnya mustahil untuk mempelajari dua puluh hal dalam kosakata setiap hari)
  • His performance on stage was quite amazing – we were just spellbound for three hours! (Penampilannya di atas panggung sepenuhnya/seluruhnya luar biasa – kami terpesona selama tiga jam)
  • Are you quite sure? I think you’re quite wrong about this. (Apakah anda sepenuhnya yakin? Saya rasa anda sama sekali salah tentang ini)

 

Not quite = tidak sepenuhnya (not completely)

Ketika not digunakan dengan kata quite, hal ini selalu berarti tidak seluruhnya (not entirely) atau tidak sepenuhnya (not completely). Pelajari contoh berikut:

  • Shall we go? ~ I’m not quite ready. (Kita pergi sekarang? ~ Saya tidak sepenuhnya siap)
  • Do you like this one? (Apakah anda suka yang ini?)
    ~ It’s not quite the color I wanted.
    (Ini tidak sepenuhnya warna yang saya inginkan)
  • Have you finished that book on Che Guevara yet? (Sudahkah anda menyelesaikan buku Che Guevara itu?)
    Not quite.
    (Tidak seluruhnya)

 

Quite = tepat (exactly) / saya setuju (I agree)

Quite dapat digunakan dalam sebuah bentuk pernyataan empatik sebagai respon dalam satu kata, yang memiliki arti tepat (exactly) atau saya-sepenuhnya-setuju (I completely agree) :

  • I always knew their marriage would never last. (Saya selalu tahu pernikahan mereka tidak akan bertahan)
    Quite! / Exactly! / So did I!
    (Saya sepenuhnya setuju / Tepat / Saya juga demikian)
  • If you stay quite still, those animals won’t harm you. (Jika anda diam saja/tidak melakukan apa-apa, hewan-hewan itu tidak akan melukai anda)
    Quite! / That’s absolutely right.
    (Saya sepenuhnya setuju / Itu benar-benar tepat)

 

Quite = cukup (fairly) / agak (rather)

Jika kita menggunakan quite dengan kata sifat yang dapat diukur, kata ini memiliki arti cukup (fairly) atau agak (rather). Kata sifat easy (mudah) contohnya, dapat diukur. Beberapa hal dapat menjadi easier (lebih mudah) atau harder (lebih sulit). Maka dari itu, ketika quite digunakan dengan kata easy, memiliki arti cukup (fairly) atau agak (rather). Pelajari contoh berikut:

  • How did you find the maths test? (Bagaimana menurut anda tes matematikanya?)                       ~ Oh, it was quite easy, really. / It was quite difficult. (Oh, itu cukup mudah, sebenarnya. / Itu cukup sulit.)
  • What did you think of the cabaret? ~ Oh, it was quite entertaining. (Bagaimana menurut anda kabaretnya? ~ Oh, itu cukup menghibur)
  • I’m quite tired but I’ll try and finish this book review before I go to bed. (Saya cukup lelah tapi saya akan mencoba dan menyelesaikan ulasan buku ini sebelum saya tidur)

 

Quite dengan kata kerja

Ketika quite digunakan untuk memodifikasi kata kerja, arti yang dimilikinya tergantung pada apakah kata kerja yang mengikutinya dianggap dapat dihitung atau tidak. Bandingkan contoh berikut:

  • I wouldn’t want to be on holiday with him, but I quite like him. (Saya tidak akan mau berada dalam liburan bersamanya, tapi saya cukup menyukainya)
  • How did you get on at Barry’s party? ~ Oh, it was quite nice. I quite enjoyed myself. (Bagaimana anda (ketika) berada pesta Barry? ~ Oh, itu cukup bagus. Saya cukup menikmatinya)
  • I haven’t quite finished decorating Jim’s bedroom yet, but I will have by Saturday. (Saya belum sepenuhnya selesai mendekorasi kamar Jim, tapi saya akan sudah selesai hari Sabtu)
  • quite agree with you. Young children must never be left at home on their own. (Saya sepenuhnya setuju dengan anda. Anak muda tidak boleh ditinggalkan di rumah sendirian)

 

Quite dengan a / an + kata benda (nouns) atau kata benda yang memiliki kata sifat (adjective before nouns)

Ketika kata quite digunakan untuk memodifikasi kata benda atau kata benda yang memiliki kata sifat, quite normalnya memiliki arti setara dengan rather (agak/cukup). Bandingkan contoh berikut:

  • I know they left in a hurry. How did they leave the house? (Saya tahu mereka pergi terburu-buru. Bagaimana (kondisi) mereka meniggalkan rumah?)
    ~ Oh, it was in quite a mess.
    (Oh, itu agak berantakan)
  • How was the house contents auction? (Bagaimana lelang isi rumah tadi?)
    ~ Oh, it was quite a success. Nearly everything went.
    (Oh, itu tadi cukup sukses. Hampir semuanya terjual)
  • Let’s take a picnic with us. I think it’s going to be quite a nice day.(Mari berpiknik bersama kami. Saya rasa ini akan menjadi hari yang cukup baik/menyenangkan)
  • Did you get to see Hamlet at the Barbican? (Apakah kamu sempat melihat Hamlet di Barbican?)
    ~ Yes, it was quite an interesting production.
    (Ya, itu pertunjukan yang cukup menarik)

Oke demikian artikel tentang penggunaan kata quiet. Semoga bermanfaat

Sumber: http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv168.shtml

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*