skip to Main Content

Perbedaan Kata dalam bahasa Inggris (Penggunaan, Arti, dan Contoh) Part 2

Kampung Inggris, seperti ketahui yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang sering dijumpai. Bahkan seringnya kita menggunakan bahasa Inggris tanpa kita sadari bahwa bahasa tersebut bukanlah bahasa Indonesia melainkan bahasa Inggris yang suda terlanjur mendarah daging di masyarakat.

Namun, meskipun sudah sering memakai bahasa Inggris dalam keseharian masih sering terdengar kekeliruan dalam penggunaan kosa kata yang tepat untuk menjelaskan suatu hal. Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya yang membahas beberapa  kata dalam bahasa Inggris. maka pada artikel kali ini akan melanjutkan pembahasan mengenai perbedaan kata dalam bahasa Inggris sebagai berikut :

1.Home dan House

Kata home dan house memiliki makna yang sama yaitu rumah. Namun keduanya memiliki perbedaan pada tiap penggunaan kata. Kata home biasa digunakan untuk menjelaskan rumah bukan dalam bentuk bangunan, rumah yang ditinggali hanya sementara waktu atau sekedar tempat singgah dan termasuk kata benda abstrak.

Sedangkan kata house digunakan untuk menjelaskan rumah dalam bentuk bangunan dan ditempati dengan jangka waktu yang lama.

Contoh :

  • Broken home (rumah tangga yang berantakan)
  • I want togo home (saya ingin pulang kerumah), rumah yag dimaksud dalam kalimat tersebut bisa berarti kos, hotel, apartemen, etc.
  • Home industry (industri rumah)
  • Burhan stay in the house (burhan ada dirumah), dalam kalimat tersebut berarti burhan berada di dalam rumah tempat tingggal tetapnya entah di dalam rumah ataupun di teras dan tidak sedang pergi kemanapun.

Baca artikel selengkapnya di Perbedaan Penggunaan Home dan House

2.Good dan Well

Kata good  memiliki makna baik atau bagus, good  tergolong dalam kata sifat. Sedangkan kata well juga memiliki arti kata baik atau bagus, namun tidak seperti good  yang tergolong kata adjective, pada kata well termasuk dalam kata keterangan (adverb).

Contoh :

  • She speaks good Japanese (dia berbicara bahasa jepang yang baik)
  • She speaks Japanese well (dia berbicara bahasa jepang dengan baik)

Baca artikel selengkapnya di Perbedaan Good dan Well

3.Just dan Only

Just dapat diartikan “hanya”. Namun maknanya juga dapat berubah-ubah tergantung dari kalimat yang diikuti. Kata ini merupakan kelas kata adverb/ kata keterangan. Sedangkan Only bermakna “hanya / satu-satunya”. Dalam penggunaan kata ini lebih bersifat sopan dibadingkan just. kata only juga merupakan kelas kata adverb atau kata keterangan.

Contoh :

  • I only met deva in the canteen at break time (dalam kalimat tersebut berarti “saya hanya bertemu deva di kantin pada jam israhat” maksud dalam kalimat tersebut bahwa saya benar-benar hanya bertemu dengan deva tidak dengan orang lain)
  • I just met deva in the canteen at break time (dalam kalimat tersebut berarti “saya baru saja bertemu deva di kantin pada jam israhat” dan bisa jadi bertemu dengan orang lain selain deva)

Baca artikel selengkapnya di Perbedaan Only dan Just

4.Speak, Talk, Chat, Say, dan Tell

Kata speak bermakna bericara, membicarakan. Penggunaan kata speak biasa digunakan untuk menjelaskan kemampuan berbahasa seseorang dan kata “to” juga digunakan apabila speak diikuti obyek orang. Kata Talk bermakna bercakap-cakap. Kata Chat bermakna mengobrol. Say bermakna berkata, atau mengatakan.sedangkan kata tell bermakna bercerita, menceritakan, memberitahu.

Contoh :

  • Can you speak English ? (dapatkan kamu berbicara bahasa Inggris?)
  • Burhan talk about my father (Burhan berbicara tentang ayahku)
  • I chat with uncle at 3 pm (saya mengobrol dengan paman jam 3 siang )
  • She said she was sick
  • Can you tell me what’s happened? (Dapatkah anda memberitahu saya apa yang terjadi?)

Baca juga Perbedaan dan Penggunaan Tell, Say, Speak

5.Live dan Stay

Kata live  memiliki makna tinggal dan biasanya digunakan untuk menjelaskan bahwa dia hanya menetap dalam jangka waktu yang lama atau menetap di wilayah tersebut. Sedangkan kata say memiliki makna tinggal dengan jangka waktu yang sebentar atau hanya sementara dan bukan tempat pulang yang sebenarnya.

Contoh :

  • Joshua live in Solo (Joshua tinggal di Solo) yang dimaksud kata tinggal bisa bermakna menetap sejak lahir dia lahir dan tinggal di Solo.
  • Joshua stay in dormitory (Joshua tinggal di asrama) yang dimaksud tinggal disini hanya tinggal untuk sementara waktu dan bisa kapan saja pulang ke kampung halaman.

Baca juga :

Demikian itu beberapa perbedaan yang sudah dijelaskan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel berikutnya

 

Tinggalkan Balasan

Halo! Klik salah satu Customer Service kami untuk tanya jawab maupun konsultasi seputar Peace Kampung Inggris!

Chat dengan kami melalui WhatsApp
Back To Top