skip to Main Content

Perbedaan Good dan Well

Kali ini Peace Kampung Inggris akan membahas perbedaan kata good dan well.

Good = kata sifat (adjective)

Well = kata keterangan (adverb)

Oleh karena itu, anda benar untuk mengatakan “we eat well” karena kita mendiskripsikan bagaimana kita makan dan minum. Mungkin dapat dikatakan bahwa kata kata keterangan menjawab pertanyaan dengan kata tanya How..? Sedangkat kata sifat menjawab pertanyaan What…?

Pelajari contoh berikut:

  • ‘She speaks good Japanese.’ (Dia berbicara bahasa jepang yang baik)
  • ‘She speaks Japanese well.’ (Dia berbicara bahasa jepang dengan baik)
  • ‘She speaks Japanese better than I do.’ (Dia berbicara bahasa jepang lebih baik dari saya)

Perhatikan bahwa better adalah bentuk komparatif dari good dan well. Dalam bahasa Inggris kita sering bermain-main dengan bahasa dasar, baik secara sadar ataupun tidak untuk membuatnya terdengar bagus. Jadi sementara, “we eat well and drink well secara tata bahasa benar, tetapi “we eat good and drink well mungkin lebih efektif dalam hal dampak/efek karena tidak mengikuti aturan tata bahasa. Saya tidak akan menyarankannya jika anda sedang mengerjakan ujian, akan tetapi jika anda sedang minum dengan teman, akan terdengar bagus.

Kenapa dalam contoh ini kita tidak menggunakan misalnya sound well? Hal ini karena jika kita menggunakan kata kerja seperti be, seem, appear, sound, look, feel, smell, taste, mereka diikuti kata sifat daripada kata keterangan karena kita mendiskripsikan subyek dari kalimat dan bukan tindakan/aksi dari kata kerja.

  • ‘She looks really good in those clothes.’ (Dia terlihat sangat bagus dalam pakaian itu)
  • ‘The food at the reception tasted really good – better than the food we had last year.’ (Makanan di resepsi itu terasa sangat enak – lebih baik daripada makanan yang kita tahun lalu)
  • ‘There’s no way he’ll get a distinction, but the work he’s done appears good enough for a pass.’ (Tidak mungkin dia akan mendapatkan perbedaan/keistimewaan, tetapi pekerjaan yang dia lakukan terlihat cukup baik untuk lulus)
  • ‘I felt really good when she congratulated me on winning the essay prize.’ (Saya merasa sangat baik ketika dia member saya selamat karena memenangkan hadiah esai)

Untuk alasan yang sama, kita juga dapat mengatakan:

  • good-looking woman. (Seorang wanita cantik) – good mendiskripsikan penampilan
  • good-natured boy. (Seorang anak laki-laki baik hati) – kata good mendiskripsikan tingkah lakunya

Tetapi, kita juga dapat mengatakan:

  • well-dressed woman. (Seorang wanita berpakaian baik) – well menjelaskan bagaimana dia berpakaian
  • well-behaved boy. (well tells us how he behaves) – well mendiskripsikan bagaimana dia bertingkah laku

Satu-satunya saat dimana well dapat digunakan sebagai kata sifat yang berdiri sendiri adalah ketika kita berbicara tentang kesehatan seseorang. Di sini well berarti berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Bandingkan contoh berikut:

  • ‘How are you today?’ ‘Fine. Very well, thanks. / Not very well, actually.’ (Bagaimana kabarmu hari ini? Baik, sangat sehat. Terima kasih / tidak terlalu sehat sebenarnya)
  • ‘I often feel unwell when I’m on a boat, but as soon as I get off, I’m fine. (Saya sering merasa tidak sehat ketika saya diatas kapal, tetapi begitu saya turun , saya baik saja)

Catatlah, bahwa ekspresi well and good digunakan untuk mengindikasikan bahwa anda merasa suatu situasi atau kondisi memuaskan atau dapat diterima. Sehingga, kita dapat mengatakan:

  • ‘If you can do the job in less time and leave early, I don’t mind. That’s (all very) well and good.’ (Jika anda dapat melakukan pekerjaan ini lebih cepat dan pergi awal, saya tidak keberatan. Semua tidak masalah dan bagus)
  • ‘If you want to stay here on your own over Christmas, well and good. (Jika kamu ingin tinggal disini sendirian selama natal, tidak masalah dan bagus)

Anak muda sayangnya sering menggunakan well dengan cara berikut yang melanggar aturan namun efektif dalam hal membuatnya terdengar bagus/keren:

  • I am well happy with that.’
  • ‘I was well tired last night.
  • ‘She was well pleased with her birthday present.’

Well boleh digunakan dalam cara ini hanya untuk kondisi tertentu (pengecualian) dan untuk pernyataan ringkasan.

Sumber: http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv36.shtml

 

Peace Kampung Inggris

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Tinggalkan Balasan

Halo! Klik salah satu Customer Service kami untuk tanya jawab maupun konsultasi seputar Peace Kampung Inggris!

Chat dengan kami melalui WhatsApp
Back To Top