Penggunaan Kata “As”

Dalam artikel ini, Peace Kampung Inggris akan membahas penggunaan kata as sebagai kata penghubung tingkat bawah (subordinate conjunction).

As sebagai kata penghubung tingkat bawah (subordinate conjunction)

Catatlah bahwa kata as yang berdiri sendiri digunakan sebagai kata penghubung dengan berbagai cara:

As = when (untuk klausa waktu)

Kita boleh menggunakan as sebagai pengganti alternatif dari kata when ketika kita membandingkan dua peristiwa atau kejadian singkat yang terjadi pada periode waktu yang sama. Kita sering mengkombinasikannya dengan cara berikut:

  • She left the house (just) as the sun was rising. (Dia meninggalkan rumah ketika matahari sedang terbit)
  • The telephone rang (justas I was climbing into my bath. (Telepon berdering ketika saya sedang bersiap mandi)

As = because (untuk klausa yang menyatakan alasan)

Kita boleh menggunakan as sebagai pengganti alternatif dari kata because ketika alasan dari suatu kejadian telah diketahui atau pembuktian diri kepada pembaca atau pendengar. Klausa as seringkali diletakkan di awal kalimat. Kata because memberikan penekanan pada alasan atau memaparkan informasi baru. Bandingkan contoh berikut:

  • As Mary was the eldest child, she had to look after her younger brothers and sisters. (Karena Mary adalah anak tertua, dia harus mengurus adik laki-laki dan perempuannya)
  • As it had started to rain we had to abandon the picnic. (Karena sudah mulai hujan kita harus membatalkan piknik)
  • I’ve decided to end our relationship because my boyfriend has been cheating on me. (Saya telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan kita karena pacar saya telah menyelingkuhi saya)

As untuk klausa yang menyatakan proporsi

Disini, as memiliki arti seiring / ‘selama periode waktu yang sama dengan……’:

  • I think you become more tolerant of other people as you get older. (Saya rasa kamu menjadi lebih toleran kepada orang lain seiring kamu bertamnbah tua)
  • As prices rose, the demand for higher salaries became more intense.(Seiring harga naik, permintaan untuk gaji yang lebih tinggi menjadi lebih kuat)

As sebagai kata depan

Akhirnya, catatlah bahwa as juga dapat digunakan sebagai kata depan ketika kita ingin menghindari menggunakan kata kerja ‘to be’ (bukan berarti as dan ‘to be’ selalu memiliki arti yang sama):

  • As his father, it is your duty to ensure that he goes to school every day.(Sebagai ayahnya, itu tugas anda untuk memastikan bahwa dia pergi ke sekolah setiap hari)
  • As you are his father, it is your duty to ensure that he goes to school every day. (Karena anda ayahnya, itu tugas anda untuk memastikan bahwa dia pergi ke sekolah setiap hari)
  • As a social historian, I am always interested in people’s life styles. (Sebagai sejarawan social, saya selalu tertarik dengan gaya hidup orang-orang)
  • Being a social historian, I am always interested in people’s life styles. (Menjadi seorang sejarawan social, saya selalu tertarik dengan gaya hidup orang-orang)
  • He established his reputation as a freedom fighter through many heroic acts.(Dia menetapkan reputasinya sebagai pejuang kebebasan melalui banyak aksi kepahlawanan)
  • The police described him as a dangerous criminal. (Polisi mendiskripsikannya sebagai seorang criminal berbahaya)
  • The police considered him to be a dangerous criminal. (Polisi menganggapnya sebagai criminal berbahaya)

Oke, demikian artikel penggunaan kata as, semoga bermanfaat ya.

Sumber: http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv158.shtml

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*