Penggunaan Kata Ain’t

Kali ini Peace Kampung Inggris akan menjawab pertanyaan mengenai penggunaan kata ‘Aint’. Dalam percakapan bahasa Inggris, kamu pasti sering banget dengar kata ain’t. Nah gimana sih penggunaan ain’t itu?

Penggunaan kata aint

Ain’t adalah bahasa Inggris tidak baku. Tetapi cukup umum dalam dialek dan dalam penggunaan bahasa Inggris American dan British sehari-hari. Jadi, penting untuk dapat mengenalinya, tapi tidak begitu penting untuk dapat menghasilkan/menggunakannya dalam pidato atau tulisan. Kata ini digunakan sebagai bentuk singkatan sejumlah aspek yang berbeda dari kata kerja (verb) dan auxiliary verb ‘to be’ dan ‘to have’, jadi kata ini cukup berguna sebagaimana yang dapat anda lihat. Kata ini adalah bentuk singkatan dari:

‘am not’, ‘are not’, ‘is not’, ‘have not’ dan ‘has not’

Kata ini sering digunakan dengan (bentuk) negatif kedua dalam klausa yang sama, menghasilkan negatif ganda, yang mana tidak sesuai secara tata bahasa, tetapi cukup normal dalam bahasa Inggris semacam ini:

  • ‘You ain’t goin’ nowhere. You’re stayin’ right here.’ (Anda tidak pergi kemana-mana. Anda tinggal disini)
  • ‘I ain’t done it yet. No. I ain’t ‘ad a minute to meself.’ (= myself). (Saya belum mengerjakannya. Tidak. Saya belum memiliki sedikit waktu untuk diri saya)
  • ‘I ain’t Superman.’ (Saya bukan Superman)
  • ‘It ain’t right for Joan to tell Jane what to do.’ (Itu tidak benar untuk Joan untuk memberitahu Jane apa yang harus dilakukan)
  • ‘He still ain’t returned that bike. How long’s he ‘ad it for now?’ (Dia masih belum mengembalikan sepeda itu. Berapa lama dia membawanya sekarang?)
  • ‘You ain’t finished your supper, Simon. Ain’t you ‘ungry, or what?’ (Anda belum menyelesaikan makan malam anda., Simon. Tidakkah anda lapar, atau apa?)
  • ‘It ain’t arf ‘ot in ‘ere.’ (Ini tidak panas disini)

Singkatan negatif standar dari kedua kata kerja ini, yang seharusnya anda gunakan, khususnya dalam pidato dan dalam tulisan tidak formal, adalah sebagai berikut. Ada cukup sedikit dari mereka, sebagaimana yang dapat anda lihat. Catatlah bahwa frase ‘he’s not’ adalah bentuk singkatan standar baik dari ‘he has not’ dan ‘he is not’. Catat pula bahwa ‘am not’ normalnya disingkat menjadi aren’t hanya dalam kalimat tanya.

Full form (Bentuk lengkap)Contraction (Singkatan)Example (Contoh)
I am notI’m notI’m not going out this evening. I’m staying in. (Saya tidak akan keluar malam ini. Saya tinggal di rumah)
Am I not?Aren’t I?I’m too old for this sort of thing, aren’t I? (Saya terlalu tua untuk hal semacam ini, tidakkah begitu?)
We are notWe’re notWe’re not very happy with plans for tomorrow. (Kami tidak terlalu senang dengan rencana untuk besok)
We are notWe aren’tWe aren’t going to Tom’s party after all. (kami tidak pergi ke pesta Tom akhirnya)
You are notYou aren’tBut you’re going, aren’t you? (Tapi anda akan pergi, kan?
You are notYou’re notYou’re not yet 16. So you’re not going clubbing. (Anda belum 16. Jadi anda tidak akan pergi klubing)
They are notThey aren’tThose tomatoes – they aren’t very red, are they? (Tomat-tomat itu – mereka tidak terlalu merah, kan?)
They are notThey’re notThey’ve just phoned to say they’re not coming to dinner tonight. (Mereka baru saja menelepon untuk mengatakan mereka tidak akan dating ke makan malam, malam ini)
He/she is notHe/she isn’tHe/she isn’t quite ready to take this exam. (Dia tidak cukup siap untuk mengambil ujian ini)
He/she is notHe’s/she’s notHe’s/she’s not very clever, is he/she? (Dia tidak terlalu pintar, kan?
It is notIt’s notIt’s not very warm today, is it? (Tidak terlalu hangat hari ini, kan?)
It is notIt isn’tIt isn’t going to rain, is it? (Ini tidak akan hujan, kan?)
It has notIt hasn’tIt hasn’t rained for a long time. (Ini belum hujan untuk waktu yang lama)
It has notIt’s notIt’s not been long since I saw you. (Ini belum lama sejak saya melihat/menemui anda)
He/she has notHe’s/she’s notHe’s/she’s not been to work today as he’s/she’s got a cold. (Dia tidak ke tempat kerja hari ini karena dia terkena flu)
I have notI haven’tI haven’t seen you for ages. How are you? (Saya belum bertemu anda untuk waktu yang lama. Apa kabar?)
I have notI’ve notI’ve not read that newspaper yet, so don’t throw it away. (Saya belum membaca koran itu, jadi jangan membuangnya)
You have notYou’ve notYou’ve not finished your supper, Simon. Aren’t you hungry tonight. (Anda belum menyelesaikan makan malam anda, Simon. Tidakkah anda lapar malam ini?)
You have notYou haven’tI can see you’ve played this game before, haven’t you? (Saya dapat melihat bahwa anda sudah pernah memainkan permainan ini sebelumnya, kan?)
They have notThey’ve notThey’ve not been here to see Brenda’s mother at all since she’s been in hospital. (Mereka belum kesini untuk menjenguk ibu Brenda sama sekali sejak dia masuk rumah sakit)
They have notThey haven’tThey’ve already left, haven’t they? The car’s not in the drive. (Mereka telah pergi, kan? Mobilnya tidak di parkiran (jalan untuk mobil))

Oke, demikian artikel tentang penggunaan kata ain’t. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv50.shtml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *