Penggunaan Kata Penghubung: As, While, When dan As Long As

Mari kita simak penggunaan kata penghubung yang berhubungan dengan waktu atau saat dimana suatu peristiwa berlangsung.  Belajar Inggris Online kali ini akan secara spesifik membahas kata penghubung as, while, when, dan ‘as long as’.

As atau while (sementara / selama)

Kita dapat menggunakan as atau while untuk berbicara tentang dua kejadian yang relatif lama yang berproses / mengalami kemajuan pada saat yang sama:

  • There was a lot to do. While I cleaned the car, my wife was preparing lunch. (Ada banyak yang [perlu] dilakukan. Sementara saya membersihkan mobil, istri saya menyiapkan makan siang)
  • She then did the ironing after lunch as I cleared away the dishes. (Dia kemuadian menyeterika setelah makan siang sementara saya membersihkan alat-alat makan)

Sebagai aturan umum, kita cenderung menggunakan while daripada as karena as memiliki banyak arti dan penggunaan yang berbeda. Sehingga, dapat membingungkan apakah as yang digunakan memiliki arti sementara (while) atau memiliki arti karena (because) :

  •  As I was doing my homework, my mum prepared my supper. (As = because)

Karena saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah saya, ibu saya menyiapkan makan malam saya.

  • As I was doing my homework, my mum prepared my supper. (As = while)

Sementara saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah saya, ibu saya menyiapkan makan malam saya.

As atau when (ketika)

Kita menggunakan as atau when untuk berbicara tentang dua kejadian yang relatif pendek yang terjadi pada saat yang sama. As dan when sering digunakan dengan kata just (baru saja) dalam konteks ini. Kita tidak dapat menggunakan while pada contoh berikut ini:

  • The telephone rang just when / just as I was about to leave. I decided not to answer it. (Telepon itu berdering ketika saya baru saja akan pergi)

Akan tetapi, jika kita ingin mengatakan bahwa ketika suatu hal berubah dan hal lainnya ikut berubah pada saat yang sama, ketika hal yang satu merupakan konsekwensi hal yang lain, kita cenderung menggunakan as:

  • As the day wore on, it became hotter and hotter. (sebagaimana hari berlalu, [hari] menjadi lebih panas dan lebih panas)
  • As you get older, it becomes more and more difficult to make friends. (Sebagaimana kamu bertambah dewasa, menjadi lebih dan lebih sulit untuk berteman)

While atau when

Dalam pembicaraan dan penulisan yang lebih formal, mungkin untuk anda mengganti subyek + to be dengan when dan while ketika induk dan anak kalimat merujuk pada subyek yang sama. Kita tidak dapat menggunakan as dengan cara ini:

  • When making cranberry jam, remember to use as much sugar as fruit. (Ketika sedang membuat selai cranberi, ingatlah untuk menggunakan gula sebanyak buah [yang digunakan])

When you are making cranberry jam, be sure to use as much sugar as fruit. (Ketika anda sedang membuat selai cranberi, pastikan untuk menggunakan gula sebanyak buah [yang digunakan])

  • While in France, he grew particularly fond of all varieties of cheese. (Selama di Perancis, dia menjadi suka semua macam keju)

While he was in France, he grew particularly fond of all types of cheese. (Selama dia berada di Perancis, dia menjadi suka semua jenis keju)

As long as : mengungkapkan waktu

Konstruksi ‘as…..as’ digunakan ketika kita membuat perbandingan dan membandingkan dua hal yang memiliki besaran / ukuran dan durasi yang sama:

  • There was extra time, so the football match lasted as long as the concert. (Ada waktu lebih, jadi pertandingan sepak bolanya berlangsung sama lamanya dengan konser)
  • He worked for as long as he wanted to on the project. (Dia bekerja selama yang dia mau pada proyek itu)
    “Take as long as you like,” they said. “There’s no hurry!”
    (“Ambil [waktu] selama yang kamu inginkan”, kata mereka. “Tidak perlu buru-buru)
  • As long as I live, I shall smoke no more cigarettes. (Selama saya hidup, saya tidak akan merokok)

As long as : mengungkapkan keadaan / kondisi

Catatlah bahwa ‘as long as’ juga digunakan dalam kalimat conditionals sebagai alternatif dari kata provided (asalkan), yang memiliki makna jika dan hnya jika. Frase ‘so long as’ juga mungkin untuk digunakan dalam konteks ini:

  •  I don’t mind. You can leave early, as long as you finish the work. (Saya tidak keberatan. Anda dapat pergi awal, selama anda menyelesaikan pekerjaannya)
  • I don’t mind. You can go home early, so long as you finish the work.(Saya tidak keberatan. Anda dapat pulang awal, selama anda menyelesaikan pekerjaannya)
  • I don’t mind. You can leave after lunch, provided you finish all the work. (Sya tidak keberatan. Anda dapat pergi setelah makan siang, asalkan anda menyelesaikan semua pekerjaannya)

 On a……..basis

Kata benda basis (dasar / azas) merujuk pada metode tertentu atau sistem untuk mengatur atau melakukan sesuatu. Kita memiliki ungkapan on a/an hourly / daily / monthly / annual / temporary / permanent basis:

  • These toilets are checked for cleanliness on an hourly basis. (Toilet-toilet ini diperiksa untuk kebersihan setiap jam)
  • She thought she would have the job on a permanent basis, but it turned out to be temporary. (Dia pikir dia akan memiliki pekerjaan itu secara permanen, tapi ternyata sementara)
  • This place is known as ‘the windy city’ and typhoons are expected on a regular basis. (Tempat ini dikenal sebagai ‘kota berangin’ dan topan diperkirakan [terjadi] secara teratur)

On the basis of / as a basis for

Di sini kita memiliki dua ungkapan yang lebih jauh, dengan kata basis dengan arti yang sedikit berbeda. Jika digunakan dengan kata depan on, basis merujuk pada system atau metode. Jika digunakan dengan kata depan as, maka merujuk pada ide, fakta, atau tindakan yang menjadi dasar sesuatu hal dapat berkembang:

  • The contract was awarded on the basis of cost more than anything else.(Kontrak ini diberikan atas dasar biaya lebih dari apapun)
  • These preliminary talks will be very useful as a basis for further negotiations.(Pembicaraan pendahuluan ini akan menjadi sangat berguna sebagai dasar untuk perundingan lebih jauh)

 

Sumber:

  • http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv294.shtml

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*