skip to Main Content

8 Tips untuk Meningkatkan Nilai TOEFL

Meningkatkan nilai TOEFL tentu bukan hal yang mudah bagi pelajar atau peserta yang masih awam dengan Bahasa Inggris. Untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris biasanya para peserta akan belajar di luar sekolah, seperti Lembaga kursus yang menyediakan Program khusus TOEFL. Hal itu dikarenakan keterbatasan dalam memperoleh ilmu Bahasa Inggris ketika berada di sekolah.

TOEFL Kampung Inggris

TOEFL sendiri merupakan sebuah test untuk menguji seberapa baik kemampuan peserta dalam memahami Bahasa Inggris.

Sebelum melaksanakan ujian TOEFL, para peserta diharapkan untuk mempersiapkan segala sesuatunnya sedini mungkin. Jika mempunyai waktu lebih, ada baiknya peserta mengikuti kursus Bahasa Inggris atau mengikuti pre-test yang mengarah pada simulasi ujian TOEFL.

Setidaknya kamu harus mempelajari serta menguasai beberapa skill yang dibutuhkan sebelum memulai test TOEFL, seperti Listening, Reading, dan yang terakhir Structure and Written Expression.

Jadi, bekalilah dirimu dengan banyak berlatih sedini mungkin sebelum test tersebut dimulai. Berikut akan kami sampaikan TIPS meningkatkan nilai TOEFL :

1. Memotivasi diri serta niat

Adanya keinginan dan motivasi diri merupakan faktor utama yang sangat penting. Maka dari itu, sebisa mungkin munculkan rasa keinginan yang besar untuk dapat menaklukan bahasa inggris. Mantapkan niatmu, senangilah kegiatan tersebut. Karena yang akan kamu lakukan harus didasari dengan rasa senang dahulu, agar mendapatkan hasil yang maksimal atau memuaskan.

2. Sesuaikan cara belajar

Lakukan hal yang kamu suka untuk membuat dirimu nyaman dan senang dalam mengerjakan sesuatu. Jika kamu termasuk orang yang senang membaca, maka bacalah literatur bahasa inggris. Bila kamu type orang yang belajar melalui cara melihat atau menonton, maka lihatlah film yang berbahasa inggris. Begitu juga jika kamu termasuk type yang gemar mendengarkan, maka belajarlah dari mendengarkan musik dengan lirik Bahasa Inggris.

3. Menambah kosakata

Dengan menambah Vocabulary, kamu akan semakin mudah untuk memahami dan mengartikan suatu bentuk kalimat bahasa inggris. penambahan kosakata ini bisa dilakukan dengan menonton film menggunakan subtitle english. Kamu dapat menerjemahkan sendiri pembicaraan yang ada pada film. Kamu juga dapat melatih listening skill dari menonton film tersebut. Selain itu, dengan mendengarkan musik berbahasa inggris lalu mulai menerjemahkan arti lagu tersebut juga bisa menambah kosakata bahasa inggrismu.

4. Familiar dengan format soal

Salah satu penyebab seseorang merasa kebingungan saat mengerjakan soal TOEFL adalah kurangnya persiapan yang matang dan tidak menduga soal seperti apa yang akan dihadapi. Oleh karena itu sangat penting untuk sebanyak-banyaknya melakukan latihan soal dan mencermati format TOEFL sesuai jenis yang akan diambil.

5. Rutin Latihan Soal-soal TOEFL

Secara rutin, cobalah untuk terus berlatih dari berbagai sumber yang ada. Cobalah berbagai macam tes yang ada,  dan dari situ kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu. Jika dirasa belum cukup, jangan paksakan untuk mengikuti tes hingga kamu merasa sudah cukup membekali dirimu. Agar pada saat hari-H itu datang, kamu benar-benar sudah siap dan perjaya diri untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Cari Lembaga Kursus atau Bimbingan Belajar

Apabila segala sesuatu untuk meningkatkan skor TOEFL sudah dilakukan namun masih merasa kurang, maka carilah tutor atau lembaga yang bisa membantumu untuk mengatasi masalah tersebut. Carilah lembaga yang sudah berpengalaman dibidangnya, agar kamu bisa bertanya jika kamu merasa belum mengerti tentang suatu hal dalam TOEFL  yang rancu.

Salah satu tempat untuk belajar bahasa inggris, salah satunya TOEFL, paling terkemuka di Indonesia adalah di Kampung Inggris Pare. Di Peace sendiri, terdapat program TOEFL untuk pemula maupun lanjutan bagi yang ingin meningkatkan nilai TOEFL atau mempersiapkan tes TOEFL.

PaketRincian ProgramBiayaFasilitas
DASAR1. Grammar 1Rp400.000– Kaos
– Modul
– Sertifikat
– 4x program/hari
2. Grammar 2
3. Pre-TOEFL
4. Pre-TOEFL
LANJUTAN1. Vocab for TOEFLRp475.000– Kaos
– Modul
– Sertifikat
– 4x program/hari
2. Listening
3. TOEFL
4. TOEFL
5. Scoring

7. Persiapkan diri dengan Baik saat Ujian tiba

Tenangkan diri sebelum masuk ke ruangan tes. Datanglah lebih awal untuk menghindari kepanikan dari segala sesuatu yang tidak diinginkan. Hal ini cukup penting karena apabila sudah merasa panik atau gugup diawal, ingatan akan hal-hal penting yang telah kamu pelajari tidak akan berjalan semestinya.

8. Kerjakan Secara Sigap dan Tepat

Perhatikan setiap instruksi atau perintah yang diberikan, terutama mengenai alokasi waktu yang diberikan untuk menjawab soal. Jangan terlalu lama berkutat hanya pada satu soal saja sehingga soal lainnya terabaikan, sebisa mungkin scanning terlebih dahulu soal-soal yang akan dikerjakan dan perkirakan mana yang lebih mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Yang terpenting usahakan untuk menjawab semua pertanyaan, jangan sampai ada salah satu jawaban yang kamu lewatkan atau kamu kosongi. Eliminasi jawaban yang kira-kira salah dan pilih yang sekiranya benar jika kamu tidak mengetahui atau ragu terhadap jawaban yang benar. Hal tersebut guna memperbesar kemungkinan jawaban tersebut benar.


Oke, demikian informasi tentang tips meningkatkan nilai TOEFL. Buat kamu yang pengen belajar TOEFL secara intensif di Kampung Inggris Pare, kamu bisa mengikuti program TOEFL Kampung Inggris di Peace Pare. Semoga bermanfaat ya.

Peace Kampung Inggris

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Tinggalkan Balasan

Halo! Klik salah satu Customer Service kami untuk tanya jawab maupun konsultasi seputar Peace Kampung Inggris!

Chat dengan kami melalui WhatsApp
Back To Top