Tips Menjawab Soal Listening TOEFL

Program Listening Kampung InggrisPada artikel ini, Peace Kampung Inggris akan mencoba menjelaskan sekilas tentang Listening TOEFL, serta tips mengerjakannya.

Pada bagian atau sesi ini, kemahiran akan listening kamu akan benar-benar diuji. Bagian ini digunakan untuk menguji kemampuan peserta test dalam menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang diucapkan dalam bahasa inggris. Para peserta diharapkan bisa menyimak setiap percakapan dengan baik yang berasal dari tape recorder atau media lainnya. Listening Comprehension pada test TOEFL selalu menjadi momok yang menakutkan bagi para peserta tes, tak jarang banyak peserta yang gagal lulus test pada sesi ini.

Walaupun sulit listening bisa dipelajari. Selain itu, dengan dibekali strategi yang tepat kamu bisa mengerjakan tes TOEFL pada sesi listening dengan tepat pula.

Pertanyaan yang diajukan dalam sesi ini sebanyak  50 pertanyaan, yang dibagi menjadi tiga bagian (PART A,B,C). Durasi waktu yang diberikan untuk menjawab ketiga bagian tersebut adalah selama 35-40 menit. Pada bagian pertama ini kamu harus fokus serta berkonsentrasi penuh pada percakapan, karena tidak akan ada lagi kesempatan untuk mendengarkan ulang sebuah percakapan.

Tips Mengerjakan Soal Listening TOEFL

Berikut penjelasan dari ketiga bagian tes listening beserta Tips mengerjakan soal listening TOEFL :

1. Part A

Pada bagian yang pertama ini, terdiri dari 30 percakapan pendek (short conversations) antara dua orang, yang masing-masing percakapan akan diakhiri dengan satu pertanyaan yang harus kamu jawab pada pilihan jawaban (A,B,C,D) dengan tepat. Bagian pada Part A ini terdiri dari 30 soal.

TIPS:

  • Fokus pada pembicara kedua
  • Jangan panik terhadap kata demi kata, tangkap saja ide atau isi percakapan
  • Jika kamu sama sekali tidak bisa memahami apa yang diucapkan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang telah didengar
  • Pahami bentuk-bentuk functional expression (agreement, uncertainty, suggestion, surprise), idiomatic expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.

2. Part B

Pada bagian yang kedua ini terdiri dari dua percakapan yang panjang(longer conversations) antara dua orang  dan setiap satu percakapan diikuti dengan beberapa pertanyaan. Umumnya bagian pada Part B terdiri dari tujuh sampai delapan soal.

TIPS:

  • Waspadalah pada masing-masing pertanyaan
  • Pada saat menyimak conversation, kamu harus paham tema/topik yang sedang dibicarakan
  • Cermati situasi dan kondisi yang terjadi selama percakapan berlangsung, biasanya menyangkut tentang tempat, waktu, apa, dan siapa yang dibicarakan.

3. Part C

Bagian terakhir ini terdiri dari 3 pidato panjang(talks) dan hanya melibatkan satu orang saja(monolog). Dan pada setiap pidato akan diikuti beberapa pertanyaan. Umumnya untuk Part C ini terdiri dari tujuh sampai sebelas soal.

TIPS:

  • Jika memiliki banyak waktu, temukan kata kunci pada pilihan-pilihan jawaban yang tertera di lembar soal.
  • Fokus pada pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat selanjutnya.
  • Waspada terhadap hal-hal yang berkaitan dengan 5W 1H, fokuskan pendengaranmu.
  • Buat kesimpulan atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.

Program Listening TOEFL

Di Peace Kampung Inggris, terdapat program listening yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan listeningmu, khususnya untuk persiapan listening TOEFL
[table id=4 /]

Selain listening untuk TOEFL, terdapat juga Listening for Speaking bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan dalam memahami bahasa Inggris secara pasif.


Demikian tips menjawab soal listening TOEFL sebagai bekal menghadapi tes TOEFL. Semoga bermanfaat dan dapat membantumu meningkatkan skor TOEFL pada sesi Listening.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *