Perbedaan Penggunaan Likely, Likely That, Likely To

Kali ini Peace Kampung Inggris akan membahas penggunaan kata atau frase likely, ‘likely that’, dan ‘likely to’ serta bagaimana menggunakannya dalam kalimat.

Likely (mungkin)

Likely paling sering digunakan sebagai kata sifat yang memiliki arti kata mungkin (lawan dari likely adalah unlikely / tidak mungkin). Jika sesuatu dianggap mungkin (likely), hal tersebut mungkin akan terjadi:

  • The most likely cause of the fire in the stadium was an unextinguished cigarette. (Penyebab paling mungkin dari kebakaran di stadion itu adalah rokok yang tidak di padamkan)
  • The most likely outcome to the investigation is that the stadium will have to be rebuilt. (Hasil paling mungkin dari investigasi itu adalah bahwa stadion itu harus di bangun ulang)

Dengan kata pemodifikasi seperti most, quite atau very, dan likely yang terkadang juga digunakan sebagai kata keterangan , yang memiliki arti paling mungkin (most probably), maka :

  • They’ll quite likely invite you out to eat in a restaurant when you’re staying with them. (Mereka paling/sangat mungkin akan mengundang anda untuk makan di sebuah restoran ketika anda tinggal bersama mereka)

It’s likely that + klausa

Likely sangat sering digunakan dengan kata ‘it’ sebagai pendukung subyek:

  • It’s unlikely that this afternoon’s session will last very long. It should be over by five o’ clock. (Sepertinya tidak mungkin bahwa sesi siang ini akan berlangsung sangat lama. Ini seharusnya selesai pukul lima)
  • It’s more than likely that I shall see Chris in Cambridge. I am almost certain to bump into him, in fact. (Itu lebih dari mungkin bahwa saya akan bertemu Chris di Cambridge. Saya hampir yakin berpapasan dengan dia, sebenarnya)

To be +  likely to + infinitive

Sebagai alternatif, kita dapat menggunakan struktur to be + unlikely to + infinitive dengan subyek normal. Tetapi kata probable / probably tidak dapat digunakan dengan cara ini:

  • This afternoon’s session is unlikely to last very long. (Sesi siang ini sepertinya tidak mungkin berlangsung sangat lama)
  • I’m unlikely to be back late from the meeting. (Saya sepertinya tidak mungkin kembali terlambat dari pertemuan / rapat)
  • Are you likely to be staying in when you get back? (Apakah mungkin kamu tinggal ketika kamu kembali?)
  • The authorities are likely to be hard pressed to respond to the disaster. (Pihak yang berwajib sepertinya mungkin kesulitan untuk merespon bencana alam ini)

Catatlah bahwa jika kita ingin menggunakan kata probably sebagai alternatif dalam contoh diatas, maka perlu untuk menyusun ulang frase dalam kalimat menjadi seperti berikut:

  • This afternoon’s session will probably finish quite early. (Sesi siang ini mungkin akan selesai cukup awal)
  • I shall probably be back quite early from the meeting. (Saya mungkin akan kembali cukup awal dari pertemuan / rapat)
  • Will you probably stay in when you get back? (Mungkinkah kamu akan tinggal ketika kamu kembali?)
  • The authorities will probably be hard pressed to respond to the disaster. (Pihak yang berwajib mungkin akan kesulitan untuk merespon bencana alam ini)

 

Sumber:

http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv275.shtml

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*