13 Info Dasar yang Wajib Kamu Tau Sebelum ke Kampung Inggris

13 Info Dasar yang Wajib Kamu Tau Sebelum ke Kampung Inggris

Apakah kamu masih asing dengan Kampung Inggris yang ada di Pare Kediri ?

Jangan salah, Kampung Inggris Pare berbeda dengan istilah kampung Arab yang isinya penduduk keturunan arab, atau seperti kampung Madura yang isinya masyarakat migrasi dari pulau madura.

Untuk kamu yang belum mengenal kampung Inggris dan penasaran dengan bagaimana isi dari kampung Inggris tidak perlu khawatir, dari artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana sih kampung Inggris itu.

Kampung Inggris

1. Lokasi Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare terletak diantara dua Desa di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, yaitu di antara di Desa Singgahan dan Tulungrejo

2. Pencetus Kampung Inggris

Pencetus Kampung Inggris adalah Mr. Kalend pada tahun 1977 yang kemudian hingga saat ini 2018 telah tercatat terdapat puluhan lembaga kursus bahasa Inggris yang berkembang di Kampung Inggris maka dari itu Pare mendapat julukan Kampung Inggris. Jadi bukan Kampung yang ditinggali masyarakat Inggris tapi karena banyaknya kursusan yang ada. Meskipun begitu tetap terdapat beberapa kurusan selain bahasa Inggris seperti bahasa Arab, Madarin, Prancis, dll.

3. Rute ke Kampung Inggris

Transportasi yang di pakai untuk menuju Kampung Inggris bisa menggunakan kendaraan umum berupa Bus, Kereta Api, dan Pesawat. Kamu juga bisa menggunakan travel dan jasa penjemputan lain di terminal Kediri, stasiun Kediri, dan Bandara Juanda Surabaya.

Selengkapnya bisa kamu baca: Rute transportasi menuju Kampung Inggris

4. Transportasi sehari-hari

Transportasi yang biasa digunakan pelajar di Kampung Inggris adalah sepeda kayuh yang bisa kamu sewa dengan harga mulai dari Rp.80.000,- hingga Rp.100.000,- dengan masa sewa 1 bulan. Kamu juga bisa menyewa sepeda motor tentunya dengan harga yang lebih mahal lagi bervariasi sesuai dengan jenis motor yang kamu sewa.

5. Kegiatan Belajar

Kegiatan belajar intensif dimulai setiap hari senin-jum’at dari jam 07.00 – 17.30 WIB dan khusus untuk beberapa program kegiatan kelas berakhir pada jam 20.00 WIB. Dan seluruh kegiatan pelajar di Kampung Inggris berakhir pada jam 21.00 WIB.

6. Tempat tinggal

Camp Putri di Peace Kampung InggrisTempat tinggal yang tersedia di kampung Inggris terdiri dari 2 jenis, yaitu kost English Area (Camp) dan kost standart. Untuk Camp biasanya sudah disediakan di beberapa lembaga kursus dan memiliki aturan berbahasa Inggris di area camp 24 Jam. Dan untuk kost standart sebenarnya seperti kost pada umumnya yang tidak memiliki aturan khusus berbahasa Inggris 24 jam dan kelas camp seperti kost English area.

7. Biaya Kost

Biaya Kost Standart di kampung Inggris tidak dihitung berdasarkan harga per kamar melainkan dihitung harga per orang berkisar Rp.200,00,- perbulan dan perkamar biasanya di tempati hingga 4 orang menyesuaikan ukuran kamar. Kamu juga bisa mendapatkan satu kamar untuk satu orang namun dengan biaya yang lebih mahal lagi. Sedangkan fasilitas yang bisa kamu dapatkan aalah kamar mandi umum, tempat tidur, almari, beberapa kost juga menyediakan katering dan free wifi.

8. Biaya Program Camp

Biaya Camp (Kost English Area) tidak jauh berbeda dengan biaya kost standart yaitu berkisar Rp.250.000,- /2 minggu dan Rp.400.000,-/bulan dengan fasilitas tempat tidur, kipas angin, almari, wifi, 2x program camp. Berbeda dengan kost standar, camp akan diisi 2 hingga 4 orang perkamar dan tidak bisa untuk 1 kamar satu orang.

Selengkapnya bisa kamu baca: Program Camp di Peace Kampung Inggris

9. Biaya Kursus

Peace Kampung InggrisBiaya Kursus di Kampung Inggris bervariasi menyesuaikan program yang akan kamu ambil dan durasi kursus. Di Peace rata-rata per program kamu akan dikenakan biaya Rp.80.000,-  hingga Rp. 200.000,- dengan durasi 2 minggu. Dan untuk durasi satu bulan akan dikenakan biaya mulai dari Rp. 700.000,- hingga Rp. 1.200.000,- per program. Biaya tersebut tidak mutlak bisa jadi lebih murah bahkan lebih mahal tergantung kebijakan setiap lembaga.

Selengkapnya bisa kamu baca: Program Reguler dan Program Paket Kampung Inggris

10. Pendaftaran

Pendaftaran untuk seluruh lembaga kursus di Kampung Inggris bisa dilakukan setiap 2 periode yaitu sebelum tanggal 10 dan tanggal 25 setiap bulannya. Karena pada tanggal tersebut program pembelajaran akan dimulai. Sehingga kamu harus melakukan setidaknya seminggu sebelum program berlangsung. Pendaftaran juga dapat kamu lakukan secara manual dengan datang ke kantor setiap lembaga atau melakukan pendaftar online.

11. Biaya hidup

Biaya Hidup yang di maksud disini tentang kebutuhan kamu sehari-hari seperti makan, jajan, laundry, pulsa dan lain lain. Biaya sekali makan yang kamu keluarkan dengan porsi nasi, sayur, minum cukup Rp.7.000,- dan jika kamu ingin makan lebih enak kamu bisa makan seperti nasi + ayam/ikan + teh = Rp. 10.000,-. Untuk biaya laundry cuci kering dikampung Inggris kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 3000,-/kg dan biaya tambahan sebesar 1000,/kg untuk jasa setrika. Lalu bagaimana uang jajan ? itu kemabali ke setiap pribadi pelajar karena tidak semua pelajar suka melakukan kuliner. Meskipun biaya hidup di Kampung Inggris tergolong murah tapi kamu juga tetap perlu hati-hati dan memilih tempat makan yang bersih juga halal dan juga perlu berlaku hemat karena menghitung semua murah kamu bisa membeli berbagai hal yang tidak penting sehingga jatuhnya kamu boros.

12. Fasilitas Umum

Fasilitas Umum yang bisa kamu jangkau di Kampung Inggris seperti rumah sakit yang berjarak 500 mtr dari Kampung Inggris, terminal denga jarak 1,5 km, lapangan, hotel, atm (BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, BCA, Bank Jatim, dll), taman kota, pasar modern dan pasar tradisional, kolam renang, dll.

13. Tempat Ibadah

Tempat Ibadah yang tersedia di Kampung Inggris meliputi Masjid yang bisa kamu temui di berbagai tempat beserta mushola yang tersedia hampir disetiap sudut gang. Untuk kamu yang minoritas atau non Muslim di Kampung Inggris juga terdapat Gereja Kristen Protestan berjarak 1 km dari area utama utama Kampung Inggris, dan Gereja Kristen Katolik berjarak 2 km.

14. Sertifikat

Sertifikat nantinya akan disediakan oleh setiap lembaga kursus yang kamu ikuti sesuai dengan program yang kamu tempuh. Sedangkan untuk kamu yang ingin mencari sertifikat TOEFL resmi belum tersedia di Kampung Inggris. Karena disini kamu hanya akan mendapat bimbingan bagaimana cara untuk mendapat skor sesuai target.


Nah, demikian itu sekilas info mendasar yang ada di kampung Inggris. jadi untuk kamu yang ingin mahir berbahasa Inggris harus benar-benar serius dalam mengasah kemampuan karena meskipun kamu akan lama tinggal di Kampung Inggris tapi kamu tidak belajar dan melakukan praktek di tiap materi yang kamu dapatkan maka hasilnya akan tetap nol.

Kamu bisa mulai membuat rencana untuk belajar di Kampung Inggris mulai dari sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*