Greetings dan Farewell

Kali ini Peace Kampung Inggris akan menjelaskan bagaimana greetings (salam perkenalan) dan farewell (salam perpisahan) digunakan dalam bahasa Inggris. Mari simak ulasan berikut.

Salam perkenalan/sapaan formal (formal greetings)

Salam perkenalan formal seperti ‘how do you do?’ (apa kabar?) kini tidak banyak digunakan terutama oleh anak-anak muda. Kalimat sapaan ini mungkin digunakan pada pertemuan pertama disertai dengan jabat tangan formal ketika kedua rekan mengucapkan salam yang sama. Balasan dari sapaan ‘how do you do?’ adalah ‘how do you do’ pula. Kemudian akan langsung dilanjutkan dengan  urusan yang ingin dibahas. Contoh:

A               : ‘How do you do?’ (apa kabar?)

B               : ‘How do you do?’ (apa kabar?)

A               : ‘I see that your company has been performing very well in South East Asia…’ (Saya melihat bahwa perusahaan anda telah menjalankan usaha dengan sangat baik di Asia Tenggara…’)

Kalimat sapaan yang lebih umum di antara dua orang yang bertemu disertai dengan jabat tangan dalam situasi yang cukup formal untuk pertama kali adalah: ‘Pleased to meet you’ atau ‘Nice to meet you’. (Keduanya memiliki arti, ‘senang bertemu anda)

Salam perkenalan tidak formal (informal greetings)

Cara yang paling umum untuk memberi salam kepada sesorang baik untuk tingkat tidak formal maupun yang lebih formal adalah, ‘Hello, how are you?’ (‘halo, apa kabar?’), dengan balasan standar yaitu, ‘very well, thank you’ (‘sangat baik, terima kasih’) atau ‘fine, thank you’ (‘baik, terima kasih’). Catatlah bahwa sapaan dalam bentuk pertanyaan tidak benar-benar dimaksudkan untuk mencari tahu tentang kondisi kesehatan seseorang. Setelah kita memberi balasan untuk sapaan seperti contoh diatas, kita biasanya mengulang sapaan dengan berkata: (And) how are you? (dan) bagaimana keadaan anda? atau(And) what about you?  (dan) bagaimana dengan anda?. Sedangkan respon yang disampaiakan masih sama, yaitu: ‘Fine, thank you’.

Pada kebanyakan tingkat informal, diantara teman atau anak-anak muda secara umum, sapaan yang paling umum mungkin : ‘Hi!’dengan respon yang sama, ‘Hi!’. Setelah sapaan ini, mungkin diikuti dengan kalimat berikut: How are things?,  How’s things?, How’s it going?(Are) you OK? Dengan jawaban yang tepat mungkin seperti:  Yeah, fine! atau dengan ungkapan gaya British, yaitu: Yeah, not so bad!

Salam perpisahan formal (formal farewell)

Dalam tingkatan formal, dan sekali lagi disertai dengan jabat tangan, salam perpisahan yang paling umum mungkin: (It was) nice to meet you (senang bertemu dengan anda), atau Nice to have met you (senang bertemu dengan anda). Jika aka nada pertemuan selanjutnya yang sudah diataur atau di sepakati, salam perpisahan mungkin dilanjutkan dengan kalimat: I’ll see you in three weeks. Bye, now (Saya akan menemui anda dalam tiga minggu, sampai jumpa).

Salam perpisahan tidak formal (informal farewell)

Berlaku pula dalam tingkatan yang lebih tidak formal,  pada pertemuan pertama, cukup normal untuk mengatakan: Nice to have met you. Bye/Goodbye (Senang bertemu anda. Selamat tinggal/sampai jumpa).

Diantara teman, salam perpisahan mungkin dapat berupa kombinasi dari beberapa contoh di bawah ini:

  • ‘Bye.’ (selamat tinggal)
  • ‘Bye-bye.’ (selamat tinggal)
  • ‘See you.’ (sampai jumpa)
  • ‘See you later./tomorrow./on Saturday./etc(sampai jumpa nanti/besok/pada hari minggu)
  • ‘Take care. (jaga diri) 

 

Sumber:

  • http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv52.shtml
  • https://www.edmonton.ca/programs_services/for_communities/hello-how-are-you.aspx

 

 

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*