6 Tips Belajar Speaking dari Rumah

Belajar bahasa Inggris tidak harus di sekolah, tidak harus dikelas. Belajar bahasa Inggris itu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, termasuk di rumah sendiri.

Bahkan jika kamu masuk Internasional School pun belum tentu kamu bisa menguasai bahasa Inggris baik dan benar. Terlebih jika kamu yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris,  kamu bisa mencoba 6 tips di bawah ini agar kemampuan speaking kamu meningkat meskipun kamu belajar sendiri dirumah.speaking

1. Memberi memo disetiap sudut rumah

Jika kamu ingin lebih mudah menguasai bahasa inggris kamu bisa mulai dengan menambah vocab yang berguna untuk keseharian kamu. Bisa mulai dengan memberikan catatan pada setiap perabot yang ada dirumah. Hal itu akan memudahkan kamu untuk tetap mengingat bahasa Inggris dan memudahkan kamu untuk mengingat vocab kamu.

Seperti contoh kamu dapat memberikan memo pada pintu “door”. Kamu juga bisa membuat memo yang berkaitan dengan kata kerja beserta menambahkan V2 dan V3 sehingga bisa memudahkan kamu menyusun grammar dengan benar.

2. Bermain sambung kata

Tidak harus dengan selalu membaca materi bahasa Inggris hingga bertumpuk-tumpuk buku. Belajarpun juga bisa dilakukan dengan metode lain seperti bermain sambil belajar. Mulailah dengan memainkan permainan sambul kata, kamu dapat membuat satu kalimat yang berkaitan dengan apapun seperti peralatan apa saja yang ada dirumah. kemudian kata terakhir dalam kalimat yang kamu buat merupakan kata kunci yang untuk membuat kalimat lain yang berhubungan dengan perabotan rumah. Permainan ini dapat kamu lakukan dengan keluargamu  atau temanmu yang kamu undang untuk bermain bersama di rumah.

Bermain monopoli dan permainan lainnya juga bisa kamu mainkan selagi kamu menggunakan bahasa Inggris dalam melakukan permainan. Menyenangkan bukan, kamu akan lebih mudah jika kamu belajar sesuatu dengan cara yang menyenangkan sehingga kamu akan nyaman dan mudah beradaptasi untuk setiap materi.

3. Percakapan online

Melakukan percakapan online juga bisa dilakukan saat kamu sedang berada di rumah sendirian. Kamu bisa mengirim pesan dengan siapapun entah itu temanmu atau mencoba mengirim pesan pada orang luar negeri. Tidak hanya itu saja, melakukan panggilan suara ataupun video call juga bisa dilakukan agar kamu bisa terbiasa cepat merespon percakapan menggunakan bahasa Inggris, melihat langsung lawan bicara saat melakukan video call juga dapat membantu kamu dalam mengekspresikan percakapan yang kamu lakukan.

4. Menonton film barat tanpa subtitle

Mungkin kamu sudah mengetahui metode yang satu ini, banyak yang akan memberikan saran untuk menonton film-film barat yang mengadaptasi kehidupan sehari-hari warga amerika. Tapi pernahkan kamu mencoba menonton film barat tanpa menggunakan subtitle ? wajar jika kamu nanti akan sedikit kesulitan dalam memahami film tersebut, karena kamu harus siap pasang telinga agar kamu bisa mendengar percakapan dalam film. Dengan metode ini kamu juga bisa melatih pronunciation dari penutur asli.

Kamu bisa mulai mencari film kesukaanmu untuk kamu tonton dan kamu tirukan setiap percakapan tokohnya. Jika kamu kesulitan dalam memahami atau menirukan kamu dapat mencari dialog film tersebut dan mencari kata yang tidak kamu fahami.

5. Mereview materi

Dua waktu yang bisa kamu jadikan saat yang tepat untuk meriview materi adalah malam dan pagi hari. Saat malam hari dapat kamu lakukan sebelum tidur, kamu bisa meriview materi yang sudah kamu dapatkan selama satu hari penuh. Dengan meriview materi sebelum tidur maka otakmu akan mengunci materi yang kamu dapat selama satu hari itu. Dan cobalah untuk kembali meriview materi yang sudah kamu ingat pada malam sebelumnya saat kamu akan menambah materi baru pagi harinya , sehingga materi yang lalu tidak akan hilang meskipun kamu akan menambah materi baru.

Lakukan ini setiap hari sebelum tidur dan pagi hari sebelum kamu menambah materi baru. Kamu juga bisa meriview semua materi yang kamu dapat selama seminggu di akhir pekan. Agar kamu mengetahui apakah kamu masih ingat dengan semua materi yang sudah kamu pelajari sehingga kamu siap jika akan menambah materi. Usahakan untuk tidak menambah materi baru jika kamu masih belum faham dan hafal materi yang sudah kamu dapat. Sehingga materi yang lama dan materi baru tidak kacau.

6. Konsisten belajar bahasa Inggris

Semua itu tidak instan, jika kamu melakukan semua tips yang berkaitan dengan bahasa Inggris tapi kamu hanya melakukan semuanya satu maka itu tidak akan membuahkan hasi, kamu harus kosisten dalam melakuka tips yang kamu coa, kamu harus benar-benar menerapkan berbahasa Inggris dalam keseharianmu. Setidaknya kamu harus konsisten untuk memiliki waktu minimal 20 Menit bahasa Inggris setiap harinya daripada 2 jam sekali dalam seminggu.

Jangan pernah ragu untuk menggunakan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, jadi kamu tidak akan tertinggal lagi oleh teman-temanmu yang sudah lebih mahir berbahasa Inggris.


Tentu saja, belajar speaking sendirian dari rumah hasilnya tergantung dengan seberapa komitmen kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berbeda halnya apabila lingkunganmu mendukung dan memaksa kamu untuk terus berlatih. Peace Kampung Inggris merupakan lembaga kursus dengan spesialisasi speaking yang siap membantumu meningkatkan kemampuan speakingmu melalui program speaking.

Oke, demikian tips untuk meningkatkan kemampuan speaking. Semoga bermanfaat, selamat mencoba ☺

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *