Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris

Setiap bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi pasti membutuhkan suatu tata bahasa yang berguna untuk menyusun suatu susunan kata agar memilki makna tertentu dalam setiap pengucapannya. Tata bahasa di dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan sebutan Grammar. Dengan adanya Grammar suatu bahasa akan lebih tertata, maka dari itulah belajar Grammar dalam bahasa inggris sangat penting dan wajib untuk dilakukan.

program grammar kampung inggrisBagi sebagian orang belajar grammar merupakan hal yang membosankan, kendati demikian bagaimanapun juga kamu harus mempelajari grammar apabila ingin menguasai bahasa inggris dengan baik. Adapun yang beranggapan bahwa belajar bahasa inggris itu tidak perlu grammar untuk mampu menguasai bahasa inggris. Namun sejatinya grammar itu sangat penting. Tanpa grammar kamu tidak akan bisa berbicara dengan makna yang tepat, tanpa grammar kamu belum tentu bisa menyimak dengan makna yang benar, tanpa grammar tulisan kamu akan terlihat kacau dan dipenuhi oleh kesalahan.

Mengingat pentingnya bahasa inggris di zaman saat ini terutama untuk jenjang karirmu di masa depan, maka kamu harus membulatkan tekad untuk belajar bahasa inggris sesegera mungkin. Nah jika kamu memiliki kendala dalam menulis ataupun berbicara dalam bahasa inggris karena alasan Grammar, dalam artikel ini Peace Kampung Inggris akan memberikan beberapa tips mudah belajar Grammar.

Memulai belajar grammar dari hal yang sederhana

Yang dimaksud memulai dari hal yang sederhana disini ialah menghafal beberapa kosakata atau dalam Vocabulary. Mulailah menghafalnya sedikit demi sedikit, setelah itu terapkan dalam sebuah kalimat sederhana. Dengan cara ini kamu akan lebih cepat dan mudah dalam memahaminya. Sebagai catatan, jangan pernah meremehkan hal-hal kecil seperti ini. Mulailah dari hal-hal sederhana, setelah itu berlanjut ke tahap selanjutnya.

Pemahaman tentang Structure

Structure merupakan hal dasar dalam belajar Grammar, semua tenses bahasa inggris sangat penting untuk dipahami penggunannya. Akan lebih mudah dalam mengaplikasikannya jika semua telah dipahami. Salah satu contohnya adalah present continous tense, yang mana memiliki rumus :

S + to be (am, is, are) + verb + ing

example : i am drinking a cup of coffee.

Dengan memahami structure bahasa inggris tersebut, maka kamu akan menguasai grammar bahasa inggris yang nantinya akan berdampak pada penguasaan tata bahasa yang sempurna.

Mengubah Kebiasaan

Selanjutnya ubahlah kebiasaan kamu, dalam hal ini merubah kebiasaan lama dalam melakukan segala hal. Atau lebih mudahnya seperti ini, jika kamu terbiasa dalam mendengarkan musik dengan lirik bahasa indonesia, maka segerakanlah untuk merubah kebiasaan lamamu itu dengan menengarkan musik berbahasa inggris lalu pelajari lirik demi lirik yang ada dalamnya. Sama halnya dengan kebiasaan melihat film, mulailah membiasakan untuk melihat film luar yang ber-subtitle bahasa inggris. Secara tidak langsung, hal tersebut akan mengasah skill berbahasa inggrismu.

intinya, ubahlah kebiasaan lama kamu dengan hal baru yang berhubungan dengan bahasa inggris. Hal positif yang menjadikan kebiasaan bukankah akan selalu memudahkanmu ? Tak terkecuali dalam belajar grammar bukan ?

Practice Makes Perfect

Teori tanpa dilanjutkan dengan praktek maka hasilnya akan nihil. Dengan memperbanyak latihan kamu tentang grammar, maka kamu akan tau sampai mana skill yang sudah kamu pelajari dalam teori tersebut. Lalu bagaimana sih cara mempraktekannya ?

  • Think : Praktek mengingat struktur yang sudah kamu pelajari tentang grammar
  • Write down : Praktek dalam menulis dan membuat kalimat dengan grammar yang baik
  • Talk : Praktek dalam mengucapkan kalimat yang sudah kamu tulis. Jika dibutuhkan, kamu bisa merekamnya dan mendengarkan secara berulang-ulang sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bahan koreksi(dibagian mana yang harus di perbaiki.

Okay itu tadi beberapa tips bagi kamu yang hendak belajar grammar, khususnya buat yang belajar mandiri. Buat kamu yang ingin lebih cepat dan terarah untuk belajar grammar, kamu bisa ikut kursus di Kampung Inggris Pare.

Informasi program dan pendaftarannya bisa kamu baca di sini.

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*