Apa Beda Learn dan Learnt?

Kali ini Belajar Inggris Online akan membahas seputar penggunaan yang sesuai untuk kata learn dan learnt. Apakah terdapat perbedaan di antra keduanya?

Pada dasarnya kedua bentuk ini benar. Anda dapat mengatakan , ‘I learned – ed atau –  I learnt to drive a truck in the army’ , keduanya benar. Tapi, bagaimana bisa?

Bentuk ‘–ed’ dari past tense adalah bentuk umum. Dan masih banyak kata dalam past tense lainnya yang menggunakan akhiran ‘–ed’:

  • I learned to drive a truck (Saya belajar untuk menyetir sebuah truk)
  • I learned to cook (Saya belajar untuk memasak)

Dan anda akan menemukan bahwa ada kecenderungan untuk kata kerja menjadi lebih umum seiring berjalannya waktu. Ini adalah ciri dari adanya perubahan bahasa. Semula, dalam bahasa Inggris British, setiap orang mengeja bentuk past tense dari kata learn dengan akhiran ‘-t’,

  • I learnt to drive (Saya belajar untuk menyetir)
  • I learnt to cook (Saya belajar untuk memasak)

Tapi sekarang anda akan menemukan lebih banyak orang  di Inggris menggunakan akhiran ‘–ed’.

Hal yang sama juga terjadi dengan kata spell, seperti contoh kalimat, ‘I spelt it incorrectly’ (Saya mengejanya dengan tidak benar), dengan akhiran ‘–t’. Tapi sekarang anda akan menemukan lebih banyak orang menggunakan, ‘I spelled it incorrectly’, dengan akhiran ‘–ed’. Ini mungkin karena pengaruh bahasa Inggris Amerika yang masuk ke Inggris, karena di Amerika akhiran ‘–ed’ digunakan untuk kata learn, spell, dream. Contonhnya pada frase ‘I dreamed’ dengan akhiran ‘–ed’. Dan anda akan menemukan bahwa pengejaan gaya Amerika ini mulai menggantikan pengejaan gaya Inggris yang asli dalam bahasa Inggris British.

Hal utama untuk diingat adalah bahwa kedua bentuk ini benar. Akan tetapi, hal yang penting untuk anda lakukan adalah memilih bentuk mana yang akan anda gunakan, dan menggunakannya secara konsisten. Jadi, cobalah untuk menghindari mencampur penggunaan akhiran ‘–ed’ dan ‘–t’. Cobalah untuk menggunakan hanya satu, tetapi itu terserah pada anda untuk memutuskan yang mana yang ingin anda gunakan.

 

Sumber:

  • http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/radio/specials/1535_questionanswer/page50.shtml

Peace merupakan bimbingan belajar bahasa Inggris yang berlokasi di kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*